10 Tips Agar Puasamu Bebas Dari Bau Mulut!

URTI 14 Mei 2019

10 Tips Agar Puasamu Bebas Dari Bau Mulut!

Nafas kurang sedap saat menjalani ibadah puasa dapat mengganggu aktivitas harian. Lalu bagaimana cara mengatasinya? 

Tips-tips untuk mengatasi bau mulut saat sedang berpuasa

 

1. Sikat gigi dengan bersih sebelum tidur dan setelah sahur. Pastikan gigi dan gusimu bersih dan sehat dengan menyikat gigi secara teratur dan benar!

2. Bersihkan gigi dengan benang gigi. Sikat gigi saja tidak cukup, karena masih tersisa sisa makanan dan bakteri pada sela-sela gigi yang tidak dapat dibersihkan sikat gigi. Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi 2 kali sehari.

3.Kumur dan gargle dengan obat kumur antiseptik non alkohol saat sebelum tidur dan setelah sahur. Pastikan obat kumur yang digunakan tidak mengandung alkohol dan tidak hanya menyegarkan nafas saja tetapi juga membunuh kuman. Alkohol dapat membuat mulutmu kering dan dapat menimbulkan iritasi pada mulut. Gargle dan berkumurlah dengan obat kumur antiseptik yang dapat membunuh kuman penyebab masalah mulut.

4. Bersihkan lidah dengan pembersih lidah atau sikat gigi terpisah. Sisa sisa berwarna putih yang melapisi lidah adalah  salah satu penyebab bau mulut, bersihkan agar napasmu tetap segar!

5. Kurangi konsumsi kopi, teh, soda dan minuman berkafein lainnya. Kopi, teh, soda dan minuman berkafein lainnya bersifat diuretik yang dapat menyebabkan dehidrasi sehingga mulutmu kering. Mulut yang kering atau xerostomia adalah penyebab utama bau mulut.

6. Perbanyak minum air saat berbuka, dan bilas rongga mulut dengan air tanpa ditelan saat berpuasa. Air liur memiliki peranan penting dalam melindungi mulut dan mengurangi pertumbuhan kuman. Kurangnya produksi air liur sehingga mulut kering dapat berakibat bau mulut.

7. Perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan, dan hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut.

8. Kurangi konsumsi makanan manis, dan ganti permen mint dengan permen karet bebas gula. Bakteri pada mulutmu senang sekali dengan gula. Gula pada mulutmu akan mereka ubah menjadi asam. Asam ini nantinya akan membuat nafasmu bau.

9. Berhenti atau kurangi merokok. Selain menyebabkan kanker, merokok dapat merusak gusi, menodai gigi dan menyebabkan bau mulut.

10. Jika kamu menggunakan gigi palsu, bersihkan gigi palsumu dengan cairan antiseptik setiap sebelum tidur.

 

Selamat menunaikan ibadah puasa! Jika bau mulut masih membandel, periksakanlah ke dokter.

 

 

ID-973/BETA/371/0519

Related Stories