Manfaat Sabun Antiseptik Efektif untuk Mengatasi Kuman Penyebab Penyakit

Medicated Products 2 Agustus 2021

Manfaat Sabun Antiseptik Efektif untuk Mengatasi Kuman Penyebab Penyakit

Kesibukan sehari-hari yang padat terkadang membuat kita kurang cermat menjaga kebersihan diri. Akibatnya, kita rentan terkena penyakit kulit. Untuk perlindungan tanpa batas dari kuman penyakit, kita membutuhkan produk perawatan kulit khusus, salah satunya sabun antiseptik.  Tapi, apa bedanya dengan sabun biasa dan seberapa efektif bisa mengatasi masalah kulit? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

Manfaat Sabun Antiseptik

Cara kerja sabun biasa (sabun mandi atau sabun tangan) dengan sabun antiseptik sebenarnya sama. Sabun berperan sebagai deterjen yang akan mengikat kuman penyebab penyakit, kemudian air akan membantu membilas bakteri dan virus yang telah terikat dari tubuh. Hasilnya sabun bisa menyingkirkan kuman patogen lainnya dari tubuh.

Namun, sabun biasa tidak bisa membunuh atau melawan kuman. Pada sabun ini terdapat zat antibakteri yang dapat melawan bakteri. Zat ini berfungsi menghentikan sisa bakteri dan jamur yang masih ada di kulit untuk menggandakan diri. Sehingga dapat memberikan perlindungan ekstra pada tubuh dengan mengurangi hingga mencegah potensi terjadinya infeksi.

 Zat antibakteri yang ada di dalam sabun ini memiliki sejumlah manfaat, yaitu: 

  • Mengurangi kuman dan kotoran di permukaan kulit
  • Menghilangkan kuman penyebab bau badan
  • Memutus rantai infeksi risiko terjadinya beragam penyakit. 

Masalah Kulit yang Paling Sering Dialami 

Saat beraktivitas, tubuh terpapar berbagai jenis kuman penyebab penyakit, seperti virus, bakteri, parasit, atau jamur. Paparan kuman tersebut dapat terjadi di mana saja. Seperti misalnya saat bersalaman dengan orang lain, menggunakan toilet, atau menyentuh benda kotor, seperti uang, ponsel, remote TV atau gagang pintu.

Itu sebabnya, berbagai masalah kulit bisa muncul bila Anda tidak cermat membersihkan tubuh. Berikut 3 masalah kulit yang bisa Anda alami, dan cara mengatasinya:

  • Bau badan

Bau badan biasanya muncul saat tubuh keluar banyak keringat. Ketika tubuh berkeringat bakteri yang ada di kulit akan mudah berkembang biak dan memecah protein pada keringat menjadi zat asam, sehingga memicu munculnya bau badan yang tidak sedap. Mengingat penyebabnya berasal dari bakteri, masalah kulit ini tidak bisa diatasi dengan sabun mandi biasa. Anda perlu menggunakan sabun antiseptik agar kandungan antibakteri dalam sabun tersebut dapat membunuh bakteri yang hinggap di tubuh Anda secara efektif.¹ Dengan begitu, risiko munculnya bau badan pun dapat diminimalisir.

  • Jerawat di tubuh dan wajah

Munculnya jerawat di tubuh dan wajah bisa disebabkan karena pori-pori kulit yang tersumbat. Penyumbatan pori yang dibiarkan dan diperparah dengan keringat dan debu dapat memicu infeksi akibat bakteri penyebab jerawat.² Dengan memakai sabun antiseptik, kandungan antibakterinya dapat mengurangi jumlah kuman di permukaan kulit, sehingga bisa mengatasi jerawat dan mengurangi munculnya jerawat baru.

  • Jamur kulit

Penyakit jamur kulit, seperti panu atau kurap, umumnya disebabkan oleh infeksi jamur. Jamur pada tubuh biasanya tumbuh di area yang lembab, seperti di lipatan kulit, sela-sela jari, dan organ intim.³ Ketika kebersihan tubuh tidak dijaga dengan, jamur kulit akan mudah muncul, terutama bila Anda mudah berkeringat atau sering memakai baju ketat dengan bahan tidak mudah menyerap keringat. Cara mudah mengatasinya adalah dengan menggunakan sabun antiseptik karena dapat melindungi kulit dari perkembangan kuman maupun jamur.

Bila Anda mengalami masalah kulit di atas sebaiknya jangan disepelekan, dan segera ditangani. Untuk penanganan awal, Anda bisa menggunakan BETADINE® Antiseptic Skin Cleanser yang dapat membersihkan kulit dan membunuh kuman penyakit.

BETADINE® Antiseptic Skin Cleanser merupakan satu-satunya sabun cair antiseptik dengan kandungan Povidon iodine 7.5%.Cara kerjanya pun cukup cepat, sabun ini dapat membunuh kuman penyebab penyakit dalam waktu 30 detik.

Kapan waktu tepat menggunakan sabun antiseptik ini? Gunakan saat risiko terkena kuman penyebab penyakit meningkat agar dapat mengurangi risiko masalah kulit makin parah. Mengenai cara penggunaannya, sabun ini dipakai seperti mandi dengan sabun cair biasa. Tuangkan BETADINE® Antiseptic Skin Cleanser secukupnya, usapkan pada kulit yang telah dibasahi dengan air sampai berbusa. Diamkan selama 30 detik, lalu bilas dengan air bersih. 

 

Referensi:

  1. https://dermnetnz.org/topics/antibacterial-soap/, diakses pada 2 Juni 2021 pukul 12.05
  2. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/acne/symptoms-causes/syc-20368047, diakses pada  2 Juni 2021 pukul 12.13
  3. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tinea-versicolor/symptoms-causes/syc-20378385, diakses pada 2 Juni 2021 pukul 12.13
  4. Product Information Betadine Skin Cleanser. 2020 

 

Related Stories